Wednesday 10 February 2016

peduli lingkungan

PEDULI LINGKUNGAN
Disuatu daerah hiduplah seorang anak yang bernama Anisa. Dia adalah seorang anak yang pandai, taat beribadah, dan berbakti kepada orang tuanya. Selain itu dia juga seorang anak yang peduli terhadap lingkungannya. Meskipun usianya masih belia, tetapi sikap dan perbuatannya pantas untuk ditiru.
Anita tingal disuatu perkampungan dimana para warga dilingkungannya tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Mulai dari membuang sampah di sungai,di jalanan sehingga menyebabkan jalan menjadi kumuh. inilah yang menggerakan hati Anisa untuk mengubah sikap penduduk kampungnya. Akan tetapi keinginannya yang tulus ini tidak direspon dengan baik dengan para warga. Namun, tidak ada yang peduli dengan keadaan tersebut. Terkadang Anita berusaha menegur orang-orang yang membuang sampah sembarangan, tetapi yang didapatkannya hanya kata-kata yang tidak diharapkannya. Namun Anita tidak putus asa. Dia tetap bersikukuh untuk memperbaiki lingkungannya.
Pada awalnya Anita mengajak teman-temannya untuk tidak membuang sampah sembarangan, tetapi tidak seorangpun yang menghiraukannya. Anita juga mengajak tetangganya untuk menanam pohon dan tanaman hias agar desanya terlihat asri. Namun mereka menertawakan Anita dan menganggapnya sok tau dan kurang kerjaan.
Suatu hari terjadi hujan yang sangat lebat, sejak pagi hingga malam hujan tidak kunjung berhenti. Keesokan harinya, banjir melanda perkampungan Anita. Para warga kebingungan dan segera mengungsi. Anita turut prihatin dengan kejadian ini. Para warga mulai tersadar akan pentingnya peduli  lingkungan.mereka mulai mau mendengarkan saran-saran dari Anita. Setelah banjir surut, para warga membersihkan jalan, sungai yang ada di kampung mereka. Selain itu para warga juga mulai menanam tanaman-tanaman hijau unntuk mempercantik perkampungannya. Anita sangat bersyukur, karena ajakan yang selama ini hanya dianggap sebagai angin lalu kini menjadi motifasi bagi para warga. Kini kampung Anita mendapat penghargaan sebagai kampung berseri.











KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, taufik serta hidayahnya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan tugas kliping Bahasa Indonesia ini. Tidak lupa pula sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW. Nabi yang telah membawa kita dari alam jahiliyah ke alam yang terang benderang penuh dengan ilmu pengetahuan. Semoga kita termasuk umatnya yang akan mendapatkan syafaatnya besok di hari kiamat. Amin.
Kliping Bahasa Indonesia ini kami buat untuk memenuhi tugas ujian praktik mata pelajaran Bahasa Indonesia.Semoga kliping ini bisa memberikan manfaat kita semua, terutama bagi kami. Kami menyadari bahwa kliping ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihakyang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan kliping ini.
Akhir kata, kami sampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan kliping ini dari awal sampai akhir. Apabila ada kekeliruan kata atau kalimat, kami mohon maaf yang sebesar besarnya.


Cibalong,  21 Mei 2015
Penyusun

Jajang Ginanjar












DAFTAR PUSTAKA










































Rounded Rectangle:  
BAHASA  INDONESIA
CERPEN PERSUASI


 

`	  Di susun oleh             : 
`	  Kelas	                         : 






DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN TASIKMALAYA
LEMBAGA PENDIDIKAN TASIKMALAYA
SMK
 

No comments:

Post a Comment