BAB I PROGRAM PENGOLAH KATA MICROSOFT WORD 003
A. Mengidentifikasi Kegunaan Program
Pengolah KataMs. Word2003.Mocrosoft Word
2003 merupakan salah satu program
aplikasi yang termasuk didalam
Microsoft Office
. Microsoft Word2003 digunakan untuk
mengolah kata atau dokumendiantaranya adalah :1.Untuk
membuat surat2.Untuk membuat skripsi3.Untuk membuat tesis4.Untuk membuat proposal5.Untuk membuat surat
penawaran.6.dan lain-lain.Selain
tersebut di atas, Anda dapat menggunakan fasilitas tambahan, antar lain, yaitu
:fasilitas
ClipArt
(untuk menggunakan gambar-gambar
bawaan dari program tersebut),
WordArt
(untuk mrnggunakan model huruf dan
bentuk huruf yang artistik),
Drawing
(untuk membuat bagan, denah,
flowchart, dll),
MathEquation
(untuk penulisan rumus
matematika).Microsoft Word banyak digunakan oleh sekretaris, mahasiswa,
wartawan , pelajar,dan lain-lain.Program yang sejenis dengan
Microsoft Word
antara lain :
Wordstar, Word Perfect, Chi-Writer,
Ami Pro.B. Mengaktifkan Program Microsoft Word2003.
Langkah-langkah
mengaktifkanMicrosoft Word adalah sebagai berikut :1.Nyalakan
Stavolt (Stabilizer)
2.Nyalakan
CPU3.
Nyalakan
Monitor4.
Klik menu
Start
5.Pilih menu
AllPrograms
6.Pilih menu
Microsoft Office
7.Pilih menu
Microsoft
Word2003
Memperdalam dalam microsoft word,
windows-education akan memperjelas tentang pengertian microsoft word
1. PENGERTIAN Microsoft Word
1. PENGERTIAN Microsoft Word
Microsoft word adalah program
pengolah kata yang di gunakan untuk mempermudah manusia dalam mengerjakan
sesuatu yang berbentuk naskah atau yang lainnya.
Tampilan Lembar kerja Ms.Excel 2003
FUNGSI MENU DARI TAMPILAN LEMBAR
KERJA MS.EXCEL 2003
NO
|
Nama
|
Fungsi
|
1
|
Baris
Judul (Title Bar)
|
Title Bar merupakan bagian yang
menunjukkan nama program dan Workbook yang sedang diedit, jika kamu baru
pertama kali membuka Workbook, maka Workbook tersebut akan diberi nama Book1,
Book2, dan seterusnya.
|
2
|
Menu
Bar
|
Menu Bar berisi sederetan menu
yang dapat digunakan, dimana setiap menu mempunyai sub menu masing-masing
sesuai dengan fungsi dari menu induknya.
|
3
|
Toolbar
Standart
|
Tool Bar Standart adalah sederetan
icon-icon yang sering digunakan. Toolbar ini digunakan agar dapat memilih dan
menjalankan perintah dengan cepat dan mudah.
|
4
|
Toolbar Formatting
|
Toolbar Formatting adalah toolbar
yang sering kita gunakan yang
berfungsi dalam hal memformat
lembar kerja, apakah itu rata kiri, kanan
atau rata tengah, kita juga bisa
cetak tebal, miring atau bergaris bawah, semua ini adalah bagian dari proses
memformat lembar kerja.
|
5
|
Column Heading
|
Column Heading (Kepala Kolom),
adalah penunjuk lokasi kolom pada lembar kerja yang aktif. Column Heading berfungsi
sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel.
|
6
|
Row Heading
|
Row Heading (Kepala Baris)
merupakan penunjuk lokasi baris pada
lembar kerja yang aktif. Baris
adalah bagian dari Sheet yang diberi tanda
dengan nomor, dimulai dengan nomor
1 sampai nomor 65536 baris.
|
7
|
Cell Pointer
|
Cell Pointer (penunjuk sel),
adalah penunjuk sel yang aktif. Sel adalah
perpotongan antara kolom dengan
baris. Sel diberi nama menurut posisi kolom dan baris.
|
8
|
Formula Bar
|
Formula Bar adalah tempat kita
untuk mengetikkan rumus-rumus yang akan kita gunakan nantinya. Dalam Excel
pengetikkan rumus harus diawali dengan tanda ‘=’ .
|
9
|
Scroll Bar
|
Scroll Barberfungsi untuk
menggeser lembar kerja secara vertical (Vertical Scroll Bar) dan horizontal
(Horizontal Scroll Bar).
|
Tampilan lembar kerja Ms. Excel 2007
FUNGSI MENU DARI TAMPILAN LEMBAR
KERJA MS.EXCEL 2007
NO
|
Nama
|
Fungsi
|
1
|
Office
Button
|
Office button atau tombol office terletak di sudut kiri
jendela Microsoft Excel.
|
2
|
Quick
Access Toolbar
|
Quick access toolbar
terletak di sebelah
kiri atas yang berisi sejumlah tombol akses cepat yang sering digunakan,
misalnya save, undo, dan redo.
|
3
|
Baris
Judul
|
Baris judul terletak
di tengah atas jendela Microsoft Excel 2007. Baris judul berguna untuk
menampilkan nama progran dan nama file dokumen yang sedang aktif.
|
4
|
Kontrol
Jendela
|
Tombol pengatur
ukuran jendela terletak di sebelah kanan atas jendela Microsoft Excel 2007.
Tombol pengatur ukuran jendela terdiri dari tombol minimize, restore,
maximize, dan close.
|
5
|
Ribbon
|
Seperti pada
Microsoft Word 2007, pada Microsoft Excel 2007 pun terdapat ribbon. Ribbon
terdiri dari tab-tab yang berisi tombol-tombol perintah Microsoft Excel 2007.
|
6
|
Tombol
Dialog
|
Tombol dialog adalah
tombol yang digunakan untuk membuka kotak dialog serta memodifikasi
perintah-perintah yang ada di dalamnya.
|
7
|
Baris
Rumus
|
Baris rumus terletak
di atas sel. Baris rumus menampilkan isi sel yang sedang aktif pada sebuah
lembar kerja.
|
8
|
Baris
dan Kolom
|
Baris (row)
terdiri dari sel-sel yang tersusun secara horizontal. Baris dimulai dari
angka 1, 2, 3, sampai 65536. Kolom (Column) terdiri dari sel-sel yang
tersusun secara vertikal. Kolom dimulai dari A, B, C, sampai Z, kemudian AA,
AB, AC, sampai AZ, dan seterusnya sampai IV. Sehingga jumlah kolom dalam
sebuah lembar kerja adalah 256 kolom.
|
9
|
Sel
|
Sel merupakan
perpotongan antara
kolom dengan baris.
Nama sel diambil
dari posisi
perpotongan kolom dan baris
tersebut, misalnya
sel D5, artinya sel
perpotongan antara
kolom D dan baris
ke 5.
|
10
|
Range
|
Range adalah
kumpulan dari beberapa sel terpilih. Nama range diambil dari alamat sel
pertama dan alamat sel terakhir yang digabungkan dengan tanda titik dua.
|
11
|
Lembar
kerja (Worksheet)
|
Lembar kerja terdiri
dari kolom dan baris serta sel tempat kita akan memasukkan data.
|
12
|
Tab
Sheet
|
Tab sheet atau tab lembar kerja berada di bawah
sebelah kiri. Tab lembar kerja pada Excel ditulis Sheet1, Sheet2, dan Sheet3,
kita dapat menambah, memberi nama, menyalin, memindahkan, dan menghapus tab
Sheet tersebut.
|
13
|
Pengaturan
tampilan lembaran
|
Pengatur tampilan
lembar kerja berada di bawah sebelah kanan. Fasilitas ini berguna untuk
mengatur tampilan lembar kerja. Ada tiga pilihan tampilan lembar kerja yaitu page
break preview, page layout, dan normal.
|
14
|
Zoom
|
Zoom digunakan untuk mengatur perbesaran dan
pengecilan tampilan
lembar kerja.
Pengatur zoom terletak di bawah sebelah kanan dekat pengatur
tampilan lembar
kerja.
|
15
|
Penggulung
layar
|
Penggulung layar
terletak di sebelah kanan dan bawah halaman kerja. Penggulung layar digunakan
untuk menggulung tampilan layar ke atas, ke bawah, ke kiri, atau ke kanan.
|
Ini merupakan tantangan tersendiri
bagi guru yang mengajar mata pelajaran TIK khususnya di SMP kelas VIII. Oleh
sebab itulah, maka penulis ingin sekali membagikan sedikit tentang perbedaan
dan persamaan MS. Word 2003 dengan MS. 2007.
Berdasarkan riset dan analisis dari
penulis terhadap Kurikulum (KTSP) mata pelajaran TIK untuk SMP kelas VIII, maka
penulis dapat menemukan sedikit Perbedaan MS. Word 2003 dengan MS. Word 2007,
antara lain sebagai berikut :
Secara Umum
Ikon
Menu
|
MS.
Word 2003
|
MS.
Word 2007
|
Berdasarkan
tampilan/ interface :
|
||
Title bar
|
Ada
|
Ada
|
Kontrol jendela (minimize,
maximize/restore down , close)
|
Ada
|
Ada
|
Office button
|
Tidak
ada
|
Ada
|
Quick Access Toollbar
|
Tidak
ada
|
Ada
|
Menu bar :
|
Ada
|
Diganti dengan tab Menu (Ribbon) :
|
Standard Toolbar
|
Ada
|
Seluruh icon standard tollbar di
MS. 2003 ditemukan di tab menu (Ribbon) Home
|
Formatting Toolbar
|
Ada
|
Seluruh icon formatting tollbar di
MS. 2003 ditemukan di tab menu (Ribbon) Home
|
Drawing toolbar
|
Ada
|
Seluruh icon drawing tollbar di
MS. 2003 ditemukan di tab menu (Ribbon) Insert
|
Ruler
|
Ada
|
Ada
|
Status bar
|
Ada
|
Ada
|
Horizontal / vertical scroll bar
|
Ada
|
Ada
|
Task pane (Getting started)
|
Ada
|
Diganti dengan Office button
|
Secara khusus
Petunjuk
|
MS.
Word 2003
|
MS.
Word 2007
|
Berdasarkan
keterangannya
|
||
Menu tool ( men-setting option)
|
Ada
|
Diganti
dengan menu office button->
word
option
|
Menu help
|
Ada
|
Diganti
dengan icon
|
Tampilan awal pada saat membuka
aplikasi MS.Word
|
||
Logo (icon Word)
|
||
Icon dokumen
|
||
Format ekstension (*)
|
*doc
|
*docx
|
Convert file dokumen
|
Tidak
bisa membuka file dari *docx ke *doc.
(Harus
diconvert dulu di MS. 2007 menjadi *doc)
|
Bisa
membuka file dari *doc ke *docx
|
Demikianlah hasil dari analisis saya
terhadap perbedaan dan persamaan dari aplikasi perangkat lunak pengolah kata
MS. Word 2003 dan MS. Word 2007. Semoga bermanfaat bagi kita sekalian. Atas kekurangannya
penulis memohon maaf, kiranya kritik dan saran dari rekan-rekan semua dapat
membantu kesempurnaan dari artikel ini kedepan. Akhir kata penulis mengucapkan
terimakasih atas perhatian dan atensi rekan-rekan se
3. Tidak terdapat ‘Office
Button’.
4. Pengguna Microsoft Word versi
sebelumnya (2000 dan 2003) perlu menginstal converter untuk dapat membuka file
Office 2010.
5. Tab
kontekstual dan style gellery agak mengganggu.
A. Kelebihan
Microsoft Word 2010
1. Fasilitas di dalamnya sangat
lengkap karena sekarang ini Microsoft Word 2010 lah yang versinya paling tinggi
pada saat ini.
2. Saat
pertama kali dijalankan Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan 2 detik untuk
masuk ke lembar kerja. Sedangkan untuk penggunaan ke-2 dan seterusnya,
Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan sepersekian detik untuk load ke lembar
kerja.
3. Ukuran file yang dihasilkan lebih
kecil dibandingkan versi sebelumnya.
4. Gaya tulisan yang semakin
bervariasi dan juga tetap ada gaya tulisan dari Office 2007.
5. Pengaturan naskah lebih mudah jika
sudah menguasai Office 2007.
6. Dapat membaca semua file dari semua
versi office yang ada. Bahkan dapat membuka file format PDF, XPS (portable
online), ODT (OpenOffice) secara langsung.
7. Office 2010 memberikan SmartArt dan
Template baru plus koleksi sebelumnya dari Office 2007.
8. Terdapat ‘quick acces toolbar’.
9. Untuk MS Word 2010, saat menu utama
diklik langsung muncul ikon-ikon yang disebut dengan ribbon, seperti untuk
Microsoft Word 2007.
10. Dapat menyisipkan gambar kedalam naskah.
11. Title Bar terletak tepat di bagian tengah atas,
layaknya Microsoft Word 2012. Terdapat 7 menu utama layaknya Microsoft
Word 2007.
13. Toolbar ditampilkan secara vertikal
sehingga tidak mengganggu lembar kerja.
14. Dapat mempublish atau memposting tulisan ke
blog.
15. Save as lebih variatif. Kejutan baru yang
ditawarkan oleh Office 2010 adalah fungsi menyimpan dokumen menjadi format PDF,
XPS (portable online), ODT (OpenOffice) secara langsung. Format PDF dan XPS
awalnya hanya dapat difungsikan dengan add-ons pada Office 2007. Sedangkan ODT
merupakan format atau ekstensi dokumen pada OpenOffice, ini bukti universalitas
dan support Microsoft Office, bahkan terhadap open source.
16. Template baru dan tambahan dari Microsoft Word 2007.
17. Menyimpan file untuk web terasa lebih
mudah dibanding pada edisi yang sebelum-sebelumnya.
18. Memiliki preview dari setiap ikon tentang
pengaturan halaman apabila kita dekatkan kursor di ikon tersebut.
19. Terdapat ‘equation’ untuk menulis rumus.
20. Saat
masuk ke lembar
kerja kita tidak akan lagi menemukan ‘Office Button’, image berlogo Windows
layaknya jantung pada Office 2007. Fungsi ini telah digantikan dengan menu
File, dengan tampilan penuh (full-window) bahkan fitur dan fungsi didalamnya
jauh lebih beragam.
21. Fungsi print preview dan print telah
terintegrasi dengan full-window pada menu File.
22. Pada Microsoft Office 2010 meniru fitur
thumbnail atau preview layaknya Adobe Reader untuk file PDF. Dengan begitu kita
dapat mengintip tampilan atau isi file dokumen (.DOCX) tanpa harus membukanya
terlebih dahulu.
23. Loading lebih cepat dan lebih ringan.
B. Kekurangan Microsoft Word 2010
1. Lebih
sulit karena programnya lebih tinggi lagi dari Microsoft Word 2007 sehingga
lebih sulit digunakan apalagi yang sudah terbiasa dengan versi sebelumnya.
2.
Desain yang cukup sulit dan belum familiar bagi masyarakat.
Sejarah & Pengertian MICROSOFT WORD
Sejarah
Perkembangan Ms Word
Sejarah panjang perjalanan Microsoft Office hingga saat
ini, banyak perubahan danpenambahan fasilitas sejak pertama kali diluncurkan
tanggal 30 Agustus 1992. Waktuitu aplikasi perkantoran ini diberi nama
Microsoft Office versi 3.0. Pada versi tersebut Microsoft Office
menyertakan Microsoft Word sebagai pengolah kata, Microsoft Excelsebagai
pengolah angka, Microsoft PowerPoint digunakan sebagai aplikasi presentasiyang
handal dan Microsoft Mail digunakan untuk menerima dan mengirim email.
S
etelah populer dengan
Microsoft Office 3.0, pada tahun 1995-an Microsoft kembalimeluncurkan Microsoft
Office 95 bersamaan waktu itu Microsoft meluncurkan sistemoperasi Microsoft
Windows 95. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak totalWindows versi 3.1
dan Windows 3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikandalam sejarah
sistem operais PC saat itu.
S
ejalan dengan
pekembangan sistem operasiMicrosoft Windows, Microsoft Office sendiri terus
berkembang dan semakin mapan danterus digandrungi serta digunakan oleh sebagian
besar masyarakat komputer di dunia,termasuk di Indonesia.
S
ampai pada tahun
2000-an Microsoft sudah meluncurkan beberapa versi Microsoft Office dan
sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi
perkantoranmodern. Beberapa versi dari Microsoft Office yang masih banyak
digunakan saat iniantara lain Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP (2002)
dan Microsoft Office 2003.Pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak
kemampuan Microsoft Office 2003masih belum tersentuh oleh pemakainya. Namun
sejalan dengan perkembanganteknologi dan sistem operasi yang juga terus
berkembang, maka dilu
MICROSOFT WORD 2007
Bagi yang baru bermigrasi dari
Word 2003 ke MS. Word 2007 tidak perlu panik dengan pemandangan yang begitu
asing tersebut. Anda hanya perlu sedikit adaptasi dan setelah itu, Anda akan
merasakan efisiensi dan kemudahan dalam bekerja. Bila Anda kurang percaya,
silahkan buka MS. Word 2007, letakkan pointer mouse ke area area menu, kemudian
putar tombol gulir. Apa yang terjadi? Anda benar! Anda dapat membuka pintu akes
ke setiap ribbon hanya dengan putaran tombol gulir saja.
Kembali ke masalah menu icon, MS.
Word 2007 mengenal istilah tab, ribbon, dan group dalam menyajikan menu tool.
Berbeda dengan Word 2003 dan sebelumnya yang hampir 100% dikuasai Kaum Bar-Bar
(Titlebar, Menu Bar dan Toolbar).
Perbedaan antara Tab, Ribbon dan Group
Tab
adalah sederetan menu yang ditandai dengan teks. Tab terdiri dari tab File, Insert, Page Layout, dll.
Ribbonadalah
area yang digunakan untuk menampilkan tab dan menu dari tab yang aktif.
Sedangkan Group adalah kelompok menu dalam tiap Ribbon
yang memiliki kesamaan fungsi. Jadi, Ribbon menyediakan tab yang
terdiri dari menu, dan menu sendiri terdiri dari beberapa Group, dan Group
terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi.
Tampilan Jendela MS Word 2007
|
Office Button
Secara
umum, Office Button terdiri dari dua area, yaitu area kiri dan area kanan. Area
kiri berisi perintah seperti New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send,
Publish, dan Close. Sedangkan di area kanan berisi pintasan file dokumen
yang baru-baru ini dibuka.
Pada
bagian bawah flyout ini terdapat dua tombol perintah, yaitu Word Option
(digunakan untuk melakukan properti terhadap MS Word 2007) dan Exit Word
(digunakan untuk menutup jendela MS Word). Berikut ini adalah contohnya.
Keterangan:
Nama Icon
|
Keterangan
|
New
|
digunakan untuk membuat file dokumen kosong baru
|
Open
|
digunakan untuk membuka file dokumen yang tersimpan
|
Save
|
perintah untuk menyimpan file dokumen aktif
|
Save As
|
digunakan untuk menyimpan file dokumen ke dalam format
tertentu
|
Print
|
digunakan untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif
|
Prepare
|
digunakan untuk melakukan properti khusus terhadap file
dokumen aktif
|
Send
|
digunakan untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai
email / faksimile
|
Publish
|
perintah untuk menerbitkan dokumen aktif ke website / blog
/ dll
|
Close
|
digunakan untuk menutup file dokumen aktif
|
Mengenal Fungsi Icon pada Tab Home
Tab Home terdiri dari lima Group
yaitu, Clipboard, Font, Paragraph, Styles
dan editing.
1.Group
Clipboard
Group Clipboard terdiri dari
sekumpulan menu yaitu:
Paste : untuk menempelkan hasil
copy atau cut.
Cut : untuk memotong teks/objek
terpilih.
Copy : untuk menggandakan teks/objek
terpilih.
Format Painter : digunakan untuk
meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
* Tombol
panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses
pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.
2.Group
Font
Menu-menu di Group Font secara
khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri dari :
Font : untuk memilih jenis huruf
Font Size : untuk mengatur ukuran
huruf
Grow Font : untuk memperbesar
ukuran huruf secara instan
Shrink Font : untuk memperkecil
ukuran huruf secara instan
Change Case : untuk mengubah
status huruf kapital/huruf kecil
Clear Formatting : untuk
menghapus pemformatan teks terpilih
Bold : untuk menebalkan teks
terpilih
Italic : untuk memiringkan Teks
terpilih
Underline : untuk memberikan
garis bawah pada teks terpilih
Strikethrough : memberikan tanda
coret padateks terpilih
Subscript : untuk mengetik
karakter pemangkatan
Superscript : untuk mengetik
karakter pemangkatan
Text Effect : untuk memberikan
efek artistik pada teks terpilih
Text Highlight Color : untuk
memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
Font Color : untuk mengatur warna
teks terpilih.
3.Group Paragraph
Group Paragraph terdiri dari
sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks.
perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:
Bullets : untuk memberikan tanda
bullet di tiap paragraf terpilih
Numbering : untuk memberikan
format penomoran di tiap paragraf terpilih
Decrease Indent : untuk menggeser
baris kedua paragraf ke kiri
Increase Indent : untuk menggeser
baris kedua paragraf ke kanan
Left-to-Right : untuk menjadikan
arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
Right-to-Left : untuk menjadikan
arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
Sort : untuk menyortir data
Show Paragraph Marks : untuk
menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
Align Text Left : untuk mengatur
teks rata kiri
Center : untuk mengatur teks rata
tengah
Align Text Right : untuk mengatur
teks rata kanan
Justify : untuk mengatur teks
rata kanan-kiri
Line Spacing : untuk mengatur
jarak antar baris teks
Shading : untuk mengatur warna
latar teks terpilih
Border : untuk memberikan garis
tepi pada teks terpilih.
4.Group
Styles
Group Styles terdiri dari dua
menu. Yaitu:
Heading Styles : berisi pilihan
format judul/subjudul dari paragraf terpilih
Change Styles : berisi pilihan
pengaturan tema paragraf
5.Group
Editing
Secara umum group Editing terdiri
dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
Find : untuk mencari kata
tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu
file
Replace : untuk mencari dan
mengganti kata yang ditemukan untuk d
Microsoft Word 2007
TABEL
1.Cara
Membuat Tabel di Word 2007
Ada beberapa cara untuk membuat
tabel di Word 2007:
- Menggunakan template
- Pada Insert tab, Tables grup, klik Table, arahkan ke Quick Tables, dan kemudian klik template yang diinginkan.
- Ganti data pada template.
- Menggunakan menu Table
- Pada Insert tab, Tables grup, klik Table.
- Di
bagian Insert Table,
geser mouse untuk memilih jumlah baris dan kolom.
- Menggunakan perintah Insert Table
- Pada Insert tab, Tables grup, klik Table, dan kemudian klik Insert Table untuk memunculkan kotak dialog.
- Di bagian Table size, masukkan jumlah baris dan kolom.
- Di bagian AutoFit behavior, buat pilihan untuk menyesuaikan ukuran tabel.
- Menggambar tabel
- Pada Insert tab, Tables grup, klik Table, dan kemudian klik Draw Table.
- Pointer akan berubah menjadi pensil.
- Buat kotak persegi. Kemudian buat garis kolom dan baris di dalamnya.
- Untuk menghapus garis, pada Table Tools, Design tab, Draw Borders grup, klik Eraser.
- Klik garis yang ingin dihapus.
2.Cara
Menambah Baris dan Kolom pada Tabel
- Klik pada
sel yang ingin ditambahkan baris atau kolom.
- Pada Table Tools, di Layout tab, Rows & Columns grup, pilih:
- Insert Above, untuk menyisipkan baris baru di sebelah atas sel.
- Insert Below, untuk menyisipkan baris baru di sebelah bawah sel.
- Insert Left, untuk menyisipkan kolom baru di sebelah kiri sel.
- Insert Right , untuk menyisipkan kolom baru di sebelah kanan sel.
Tip: kita juga bisa
menggunakan klik kanan pada sel untuk menampilkan pilihan di atas.
3.Cara
Menghapus Sel, Baris, Kolom atau Tabel
- Pada Table Tools, di Layout tab, Rows
& Columns grup, klik Delete.
- Tentukan pilihan, apakah akan menghapus sel, kolom, baris atau tabel.
4.Cara
Menggabungkan dan Membagi Sel pada Tabel
- Menggabungkan
sel
- Pilih sel-sel yang akan digabungkan.
- Pada Table Tools, Layout tab, Merge grup, klik Merge Cells.
- Membagi sel
- Klik sebuah atau beberapa sel yang akan dibagi.
- Pada Table Tools, Layout tab, Merge grup, klik Split Cells.
- Masukkan jumlah kolom atau baris yang ingin dibagi.
- Centang
kotak merge cells before split,
apabila sel yang ingin dibagi lebih dari satu.
Misalnya, ada 2 sel yang akan dibagi menjadi 4. Bila kotak ini dicentang maka sel akan digabung dahulu baru kemudian dibagi. Sebaliknya bila kotak ini tidak dicentang, maka masing-masing sel akan dibagi 4 sehingga jumlah sel baru adalah 8.
5.Cara
Format Tabel
- Menggunakan
Table Styles
- Klik tabel yang ingin diformat.
- Pada Table Tools, klik Design tab.
- Di Table Styles grup, tempatkan kursor di setiap
style untuk melihat tampilan tabel.
- Klik style yang ingin digunakan.
- Di bagian Table Style Options grup, centang kotak elemen tabel yang ingin digunakan, seperti Header Row, Total Row, dan lain-lain.
- Membuat dan Menghapus Garis Pembatas
o
Membuat Garis Pembatas
1. Klik
tabel atau bagian tabel yang ingin diberi garis pembatas.
2. Pada
Table Tools, klik Design tab.
3. Di
bagian Table Styles grup, klik tanda
panah pada Borders, dan pilih bentuk garis
pembatas yang disediakan. Atau klik Borders and Shading, dan
pada Borders tab, pilih bentuk garis
pembatas yang diinginkan.
o
Menghapus Garis Pembatas
1. Klik
tabel atau bagian tabel yang ingin dihapus garis pembatasnya.
2. Pada
Table Tools, klik Design tab.
3. Di
bagian Table Styles grup, klik tanda
panah pada Borders, dan klik No Border untuk menghapus pembatas tabel.
4. Untuk
menghapus bagian tertentu saja, klik tanda panah pada Borders, dan kemudian klik Borders and Shading. Pada Borders tab, di bagian preview, klik garis yang ingin dihilangkan.
6.Cara
Mengatur Pemisahan Baris dalam Tabel
- Mencegah
pemisahan isi baris dalam tabel
Microsoft Word akan secara otomatis memisahkan isi baris tabel yang panjang ke halaman berikutnya bila baris tersebut terletak di akhir halaman. Untuk membuat isi baris yang panjang ini tidak terpisah dan ditempatkan semuanya di halaman selanjutnya, gunakan cara berikut: - Klik pada tabel.
- Pada Table Tools, klik Layout tab.
- Di Table grup, klik Properties, dan pilih Row tab.
- Hilangkan pilihan pada kotak Allow row to break across pages dan klik OK.
- Memisahkan tabel ke halaman selanjutnya pada baris tertentu
- Klik pada baris yang ingin ditempatkan di halaman berikutnya.
- Tekan CTRL+ENTER. Cara ini disebut juga page break manual.
7.Cara
Membuat Table Heading Berulang Pada Setiap Halaman
- Pilih
baris heading (harus termasuk baris pertama pada tabel).
- Pada Table Tools, Layout
tab, Data grup, klik Repeat Header Rows.
Catatan: Table heading berulang hanya ada di print layout view atau ketika Anda mencetak dokumen tersebut. Table heading berulang tidak akan muncul bila Anda melakukan page break manual (CTRL + ENTER) dalam tabel. - Untuk menghilangkan table heading berulang: klik pada heading table di halaman pertama. Pada Table Tools, Layout tab, Data grup, klik Repeat Header Rows.
8.Mengurutkan
Data pada Tabel
- Klik pada
tabel.
- Pada Table Tools, Layout tab, Data group, klik Sort.
- Pada kotak dialog Sort, pilih kolom atau header kolom yang dijadikan sebagai dasar pengurutan.
Memberi
Penomoran Pada Sel di Tabel
- Pilih sel
pada tabel yang akan diberi nomor.
Tip: Untuk memberi nomor pada setiap baris, klik pada kolom pertama. - Pada Home tab, Paragraph grup, klik Numbering.
Cara Mengubah
Kumpulan Teks Menjadi Tabel dan Sebaliknya
- Mengubah
Kumpulan Teks Menjadi Tabel
- Masukkan tanda pemisah seperti koma dan tabs untuk menentukan dimana kumpulan teks ini akan dibagi menjadi kolom. Gunakan paragraf untuk menandai baris baru.
- Pilih
kumpulan teks yang akan diubah ke bentuk tabel.
Misalnya, kumpulan teks di bawah ini yang terdiri dari 2 paragraf akan diubah ke bentuk tabel. Pemisahnya berupa koma.
- Pada
Insert tab, Tables grup, klik Table, dan kemudian klik Convert Text to Table untuk menampilkan kotak
dialog. Pengaturannya seperti di gambar berikut ini.
- Klik
OK dan kumpulan teks akan
menjadi seperti gambar berikut ini.
- Mengubah Tabel Menjadi Kumpulan Teks
- Pilih kumpulan baris atau tabel yang akan diubah menjadi paragraf.
- Pada Table Tools, Layout tab, Data grup, klik Convert to Text.
- Di bagian Separate text at, pilih tanda pemisah kolom yang akan digunakan. Untuk baris akan dipisahkan menjadi paragraf.
sejarah& pengertian microsoft excel 2010
SEJARAH DAN PENGERTIAN MICROSOFT EXCEL 2010
Microsoft Excel 2010 merupakan salah satu produk dari Microsoft untuk membuataplikasi Spreadsheet. Aplikasi Microsoft Excel sudah sangat dikenal oleh masyarakat.Dalam pembuatan aplikasi spreadsheet, Microsoft Excel 2010 terkenal dengankemudahan dan keandalannya. Berbagai fasilitas disediakan untuk melakukanpengembangan aplikasi. Salah satu fasilitas penting yang dimiliki oleh Microsoft Exceladalah VBA (Visual Basic for Application). Melalui buku ini dibahas tentangpenggunaan pemrograman VBA Macro pada Microsoft Excel 2010. Pembahasanselengkapnya dimulai dengan pengenalan Microsoft Excel 2010, pembuatan Macro,variabel, tipe data, konstanta, array, percabangan, perulangan, prosedur sub, fungsi,antarmuka pengguna, objek model Excel, bekerja dengan data, tabel pivot, dan grafik.Semua pembahasan dilakukan dengan sederhana dan mudah dipahami oleh parapembaca. Selain itu disertakan contoh pembuatan aplikasi sehingga memudahkanpembaca dalam proses belajar. Semoga buku ini dapat menambah wawasan pembacadalam penggunaan pemrograman VBA Macro pada Microsoft Excel 2010.
Sejarah dan pengembanganPembangunan dimulai pada tahun 2007 sementara Microsoft sedang menyelesaikanpekerjaan pada Office 12, dirilis sebagai Microsoft Office 2007. Nomor versi 13 itu diabaikan karena keengganan untuk angka 13 [12] Ini diperkirakan sebelumnya bahwaOffice 2010 (kemudian disebut Kantor 14) akan mengirimkan pada semester pertamatahun 2009.
Manfaat dari Microsoft Excel 2010
Perubahan adalah satu-satunya hal yang konstan. Dengan kemajuan teknologi hari demihari, masing-masing dan setiap teknologi yang kita gunakan kebutuhan mengupgreade.Microsoft Excel adalah salah satu perangkat lunak utama yang membentuk tulangpunggung kantor pemeliharaan data. Dengan Microsoft Excel 2010 baru tersedia satuharus melihat manfaat dan utilitas yang diperlukan oleh individu tertentu.Kebutuhan dan manfaat dari upgrade ke Microsoft Excel 2010 dan isu-isu yang dapatmuncul di upgrade, dibahas di sini:* Kebutuhan dan manfaat dari upgrade ke MS Excel 2010* Masalah yang dapat muncul di upgrade atau pasca upgrade* MS Excel 2010Kebutuhan dan manfaat dari upgrade ke MS Excel 2010Dua versi MS EXCEL tersedia adalah Standar dan Profesional. Sebagian besar manajerproyek atau orang dengan persyaratan pekerjaan yang sama dapat menggunakan versiprofesional yang dicapai dengan fitur-fitur inovatif dan berguna baru.Tool bar baru pita adalah fitur yang paling menarik. Versi terbaru juga termasuk built-intool screen capture, mode di mana dokumen Anda dapat dilindungi, seni baru template,sebuah belakang panggung melihat dengan semua aplikasi, alat removal latar belakang,gaya huruf, opsi pengeditan baru untuk teks dan gambar , fungsi kolaborasi hidup,animasi tambahan di PowerPoint.Panel navigasi yang baru tidak diragukan lagi perubahan yang paling mencolok yangterjadi ke Excel. Hal ini mencakup fitur-fitur sebagai peta dokumen, thumbnail, tampilanoutline dan menemukan dialog semua dalam satu pane. Ini panel navigasi akanmenampilkan semua judul dalam dokumen untuk melihat lebih cepat. Hal ini dengangrafik pivot lebih baik, format kondisional, dan baru visualisasi data melalui Sparklinesdan slicers.
Rumus dan Fungsi pada Microsoft Excel 2010 :
Fungsi adalah rumus yang sudah siap pakai yang digunakan sebgai alat perhitungan. Fungsi yang disediakan Excel 2010 dikelompokkan menjadi beberapa kelompok fungsi diantaranya adalah kelompok fungsi keuangan, matematika, statistika, logika, teks, database dan lainnya. Fungsi dapat diketik secara manual atau menggunakan Faste Function
Fungsi yang sering digunakandi excel adalah :
RUMUS
|
KETERANGAN
|
SUM
|
Penjumlahan suatu sel atau range tertentu. Bentuk rumus
=SUM(range data)
|
AVERAGE
|
Mencari nilai rata-rata dari suatu sel atau range
tertentu. Bentuk rumus= AVERAGE (range data)
|
MAX
|
Mencari nilai tertinggi dari suatu sel atau range
tertentu. Bentuk rumus= MAX (range data)
|
MIN
|
Mencari nilai terendah dari suatu sel atau range tertentu.
Bentuk rumus =MIN(range data)
|
COUNT
|
Mencari jumlah data pada range tertentu. Bentuk rumus
=COUNT(range data)
|
VLOOKUP
|
Pembacaan tabel secara vertikal
|
HLOOKUP
|
Pembacaan tabel secara horizontal
|
IF
|
Fungsi logika
|
AND
|
Logika yang bernilai benar jika semua syarat terpenuhi
|
OR
|
Logika yang bernilai benar jika minimal salah satu syarat
terpenuhi
|
LEFT
|
Mengambil data dari kiri
|
RIGHT
|
Mengambil data dari kanan
|
MID
|
Mengambil data di tengah
|
Apabila Anda ingin menggunakan operator logika, biasanya
diperlukan ekspresi atau pernyataan logika. Ekspresi logika yang umumnya
dipakai adalah :
= sama dengan <= lebih kecil atau sama dengan
< lebih kecil dari >= lebih besar atau sama dengan
> lebih besar dari <> tidak sama dengan
= sama dengan <= lebih kecil atau sama dengan
< lebih kecil dari >= lebih besar atau sama dengan
> lebih besar dari <> tidak sama dengan
PENGENALAN MIROSOFT EXCEL 2012
PENGENALAN MICROSOFT EXCEL 2010
Pengenalan Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah aplikasi pengolahan angka yang merupakan salah satu bagian dalam Microsoft office. Microsoft Excel atau di singkat excel merupakan program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu menghitung, memproyeksikan, menganaisis, dan mempresentasikan data.
Istilah –istilah di Microsoft excel :
1. Sel : Perpotongan antara baris dan kolom
2. Range : Kumpulan beberapa sel
3. Workshee : Lembar Kerja
4. Workbook : Buku kerja atau file
5. Spreadsheed : Lembar Sebar
Menjalankan Perangkat Lunak Lembar Sebar
Berikut ini ditampilkan cara memulai operasi lembar sebar yang sering digunakan.
Menggunakan sistem operasi windows lembar sebar yang digunakan Microsoft Excel.
A. Cara menjalankan lembar sebar :
a. Klik Start
c. Klik Microsoft office
b. Klik Program
d. Klik Microsoft Excel
Jendela Aplikasi Excel akan terbuka, seperti
berikut :
Microsoft Excel adalah aplikasi pengolahan angka yang merupakan salah satu bagian dalam Microsoft office. Microsoft Excel atau di singkat excel merupakan program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu menghitung, memproyeksikan, menganaisis, dan mempresentasikan data.
Istilah –istilah di Microsoft excel :
1. Sel : Perpotongan antara baris dan kolom
2. Range : Kumpulan beberapa sel
3. Workshee : Lembar Kerja
4. Workbook : Buku kerja atau file
5. Spreadsheed : Lembar Sebar
Menjalankan Perangkat Lunak Lembar Sebar
Berikut ini ditampilkan cara memulai operasi lembar sebar yang sering digunakan.
Menggunakan sistem operasi windows lembar sebar yang digunakan Microsoft Excel.
A. Cara menjalankan lembar sebar :
a. Klik Start
c. Klik Microsoft office
b. Klik Program
d. Klik Microsoft Excel
Mengenal
Bagian- Bagian
. Tujuan
Setelah menyelesaikan kegiatan belajar ini, peserta didik dapat :
1) Menjelaskan menu-menu yang terdapat dalam perangkat lunak lembar sebar.
2) Mengetahui kegunaan menu-menu dalam perangkat lunak lembar sebar.
Mengenal Bagian-bagian Lembar Kerja
- Cell number box adalah tempat yang menunjukkan alamat dari cell / address cell yang ditunjuk oleh pointer. Name box mencatat alamat cell pointer dengan diawali pencatatan nama kolom (A-IV) selanjutnya nomor baris (1-65536), sebagai contoh : → cell B5 dibaca kolom ke-2 ( yakni kolom B) baris ke-5.
- Formula box adalah tempat dimana kita menuliskan rumus formula, tapi harus diingat bahwa penulisan rumus formula bukan berupa angka melainkanalamat cell / cell addressnya. Setiap kali menuliskan formula yang diperlukan harus selalu diawali dengan tanda sama dengan (=………) atau tanda tambah (+………).
- Tab worksheet adalah menyimpan multi sheet pada satu buku kerja.dapat dengan cepat berpindah dari satu sheet ke sheet lain hanya dengan mengklik tab worksheet. Nama sheet dapat diganti sesuai dengan kebutuhan. Buku lembar sebar ( Excel )menyediakan 3 lembar sebar (worksheet).
- Menu Bar adalah tempat memuat daftar menu mulai dari file sampai help.
- NEW adalah untuk membuka workbook yang telah ada. Cara membuka dengan mengklik New pada toolbar, atau bisa juga dengan mengklik File|New dari menu bar, atau tekan CTRL+N.
- Open adalah untuk membuka workbook yang telah ada. Cara membuka dengan mengklik open pada toolbar atau Klik File|Open dari menu bar atau tekan CTRL+O, atau klik tombol Open
- Save adalah untuk menyimpan data yang kita buat. Cara membuka dengan mengklik save pada toolbar atau klik File|Save As atau CTRL+S.
- Print adalah untuk mencetak lembar sebar. Cara membuka dengan mengklik save pada toolbar
- Print Preview adalah Fitur ini mengijinkan anda untuk melihat worksheet sebelum di cetak .
- Spell Check adalah Gunakan untuk mengecek ejaan kata yang salah pada worksheet.
- Copy dan paste adalah Menu ini digunakan untuk menyalin data dari suatu data range ke data range
- Undo and Redo adalah untuk membatalkan langkah terakhir yang dibuat, apakah memasukkan data dalam sel, memformat sel, memasukkan fungsi, dll. Klik Redo untuk membatalkan undo
- Insert Hyperlink adalah Untuk memasukkan hyperlink ke wes site dalam internet, ketik teks kedalam sel yang ingin di link yang bisa diklik dengan mouse. Lalu, klik tombol Insert Hyperlink dan masukkan alamat web yang ingin link dengan teks dan klik OK.
- Zoom adalah Untuk mengubah ukuran workksheet yang muncul dilayar, pilih perbedaan persentase dari menu Zoom.
PENGERTIAN MICROSOFT WORD
Microsoft Word atau Microsoft Office
Word adalah perangkat lunak pengolah kata
(word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word
untuk Xenix,
versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh
(1984), SCO
UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows
(1989). Setelah
menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
FUNGSI MICROSOFT WORD
Sebagaimana yang kita ketahui, MS
WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun
makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada
dalam MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat
membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan
untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas
yang ada dalam MS WORD.
- Jenis huruf
Agar dokumen yang dihasilkan tidak
terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu
default font yang akan dipergunakan. (Menu Home+ Font)
- Pembuatan Numbering
Biasanya, pembuatan suatu dokumen
mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I
Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan
terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu
dokumen.
- Pembuatan Outline
Biasakan bekerja dengan dokumen view
berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan
kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen.
Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada
kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk
mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level)
- Pemakaian Break Section
Biasanya dalam suatu dokumen
terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya :
halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar
Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” , Bab I
dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis
halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next
Page).
- Penomoran Halaman
Seperti yang telah disebut pada poin
4, maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap
section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page
Number + Format Page Number + Page numbering + start at … kemudian pilih
letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya
tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu
insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first
page)
- Pembuatan Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat
diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu
References + insert Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan
tanda centang pada exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar
tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table of figures) maka
daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman
pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update
field.
- Pembuatan Daftar Isi
Pembuatan daftar isi secara otomatis
adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan
dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update
daftar tabel)
- Editing dengan Document Map
Agar editing yang dilakukan dapat
dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu
View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan
diedit dapat berlangsung lebih cepat)
SEJARAH MICROSOFT WORD
A. Sejarah Singkat Microsoft Word
Microsoft Word adalah aplikasi sebuah program pengolah kata (word processor) yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Program ini biasanya digunakan para pemakai komputer untuk kegiatan tulis-menulis. Seperti pembuatan surat, proposal, artikel, brosur, booklet, dan lain-lain dengan aneka font (huruf) dan layout yang tersedia. Kita juga dapat membuat naskah ilmiah dengan rumus-rumus matematika, fisika maupun kimia dan mendesain sebuah dokumen dengan variasi gambar yang unik dan sangat lengkap.
Selain, Microsoft Word, ada beberapa jenis word processor yang popular dan sudah beredar di masyarakat diantaranya : WordStar (WS), WordPerfect (WP), AmiPro, WordPad, dan lain-lain. Microsoft Word sebagai program pengolah kata memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih familiar dibandingkan dengan pengolah kata lainnya.
Program pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0. sampai 6.0. untuk versi DOS. Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnyya, Microsoft Coorporation telah mengeluarkan 12 versi Microsoft Word, yaitu versi ’95, ’97, 2000, 2002, 2003, dan 2007.
B. Cara Mengaktifkan Microsoft Word
Kita dapat memulai atau menjalankan program aplikasi Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut :
1. Pilih dan Klik tombol Start
2. Pilih menu program
3. Kemudian, pilih dan klik program Microsoft Word
4. Tunggu sampai jendela program aplikasi Word ditampilkan
Atau kita juga bisa mengklik mouse kiri sebanyak 2 x shortcut microsoft word pada dekstop
C. Mengenal Layar Kerja Microsoft Word
1. Ikon Kontrol Menu (Control Menu Ikon)
Digunakan untuk mengontrol jendela yang sedang aktif. Letaknya dipojok kiri paling atas sebelah baris judul.
2. Baris Judul (Title Bar)
Adalah informasi berisi nama file dan nama program yang aktif atau sedang dikerjakan dalam Microsoft Word
3. Tombol Ukuran (Sizzing Button)
Digunakan untuk menentukan besar tampilan layar jendela word. Letaknya disebelah ujung kanan pada baris judul. Macam-macam tombol ukuran :
a. Minimize Button : Untuk memperkecil ukuran jendela word
b. Maximize Button : Untuk memperbesar ukuran jendela word
c. Restore Button : Untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula
d. Close/Exit Button : Untuk menutup jendela dan mengakhiri program word
Microsoft Word adalah aplikasi sebuah program pengolah kata (word processor) yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Program ini biasanya digunakan para pemakai komputer untuk kegiatan tulis-menulis. Seperti pembuatan surat, proposal, artikel, brosur, booklet, dan lain-lain dengan aneka font (huruf) dan layout yang tersedia. Kita juga dapat membuat naskah ilmiah dengan rumus-rumus matematika, fisika maupun kimia dan mendesain sebuah dokumen dengan variasi gambar yang unik dan sangat lengkap.
Selain, Microsoft Word, ada beberapa jenis word processor yang popular dan sudah beredar di masyarakat diantaranya : WordStar (WS), WordPerfect (WP), AmiPro, WordPad, dan lain-lain. Microsoft Word sebagai program pengolah kata memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih familiar dibandingkan dengan pengolah kata lainnya.
Program pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0. sampai 6.0. untuk versi DOS. Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnyya, Microsoft Coorporation telah mengeluarkan 12 versi Microsoft Word, yaitu versi ’95, ’97, 2000, 2002, 2003, dan 2007.
B. Cara Mengaktifkan Microsoft Word
Kita dapat memulai atau menjalankan program aplikasi Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut :
1. Pilih dan Klik tombol Start
2. Pilih menu program
3. Kemudian, pilih dan klik program Microsoft Word
4. Tunggu sampai jendela program aplikasi Word ditampilkan
Atau kita juga bisa mengklik mouse kiri sebanyak 2 x shortcut microsoft word pada dekstop
C. Mengenal Layar Kerja Microsoft Word
1. Ikon Kontrol Menu (Control Menu Ikon)
Digunakan untuk mengontrol jendela yang sedang aktif. Letaknya dipojok kiri paling atas sebelah baris judul.
2. Baris Judul (Title Bar)
Adalah informasi berisi nama file dan nama program yang aktif atau sedang dikerjakan dalam Microsoft Word
3. Tombol Ukuran (Sizzing Button)
Digunakan untuk menentukan besar tampilan layar jendela word. Letaknya disebelah ujung kanan pada baris judul. Macam-macam tombol ukuran :
a. Minimize Button : Untuk memperkecil ukuran jendela word
b. Maximize Button : Untuk memperbesar ukuran jendela word
c. Restore Button : Untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula
d. Close/Exit Button : Untuk menutup jendela dan mengakhiri program word
5. Baris Toolbar (Tool bar)
Adalah kumpulan perintah dalam bentuk ikon-ikon yang berisi tool atau alat untuk mempermudah menyelesaikan dokumen. Fungsi utama Toolbar adalah mempercepat akses kesejumlah perintah yang sering dipakai. Untuk menggunakan Toolbar, klik salah satu icon yang mewakili perintah yang kita inginkan. Bila ikon tampak tertekan ke dalam, berarti ia sedang diaktifkan. Untuk menonaktifkannya, kita tinggal menekan ikon tersebut sekali lagi. Secara default, toolbar di Ms. Word ada dua yaitu Toolbar Standar dan Formating.
a. Toolbar Standar
Berisikan beberapa ikon untuk mengerjakan operasi standar, seperti menyimpan, membuka, mencetak dokumen, dan sebagainya. Biasanya, akan lebih cepat dengan mengklik sebuah tombol pada toolbar dari pada memilih perintah pada suatu menu. Toolbar Standar dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan mengklik View > Toolbar > Standar.
b. Toolbar Formating
Berisikan ikon untuk mem-format obyek-obyek pada dokumen. Obyek tersebut bisa berupa gambar, tabel, atau text dan sebagainya. Toolbar formatting bisa juga digunakan untuk memilih berbagai jenis huruf dan ukurannya. Toolbar formatting dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan memilih View ð Toolbar ð Formating.
6. Rulers
Adalah mistar tabulasi yang terdapat pada bagian atas atau samping kiri dokumen. Mistar atau ruler ini berguna sebagai indikator lebar dan tinggi halaman dokumen berikut margin-nya. Untuk` Ruler horizontal, berfungsi juga sebagai alat pengaturan tabulasi dan indentasi. Ruler ini bisa ditampilkan dan juga bisa dihilangkan. Caranya, Klik View + Ruler.
7. Area Pengetikan
Adalah tempat kita untuk mengetik atu mambuat dokumen. Kita dapat memulai mengetik teks pada posisi keberadaan kursor, dan setelah itu kursor secara otomatis bergerak ke arah kanan dengan jarak satu karakter
8. Kursor
Berbentuk garis vertikal yang berkedip-kedip. Setiap karakter yang kita ketik akan muncul pada posisi kursor ini.
Panah atas : Memindahkan satu baris ke atas
Panah bawah : Memindahkan satu baris ke bawah
Panah kiri : Memindahkan satu karakter ke kiri
Panah kanan : Memindahkan satu karakter ke kanan
Home : Memindahkan ke awal baris pengetikan
End : Memindahkan ke akhir baris pengetikan
Ctrl+Home : Memindahkan ke awal dokumen
Ctrl+End : Memindahkan ke akhir dokumen
Ctrl+panah atas : Memindahkan ke awal paragraf sebelumnya
Ctrl+panah bawah : Memindahkan ke awal paragraf selanjutnya
Ctrl+panah kiri : Memindahkan ke awal kata sebelumnya
Ctrl+panah kanan : Memindahkan ke awal kata berikutnya
9. Task Pane
Merupakan jendela yang ditampilkan di sebelah kanan dokumen dan membantu ketika mengedit dokumen.Jendela task pane akan ditampilann secara otomatisn sesuai dengan pekerjaan yang sedang dilakukan.
10. Scroll Bar
Adalah papan navigasi untu menggulung layar dokumen, baik secara vertikal maupun horizontal. Bisa juga menggeser lembar dokumen ke kekiri atau ke kanan . Scroll bar yang digunakan untuk menggulung secara vertikal dikenal dengan nama Vertical Scroll bar dan untuk menggeser ke kiri atau ke kanan, disebut Horizontal Scrool bar. Cara menampilkan atau menyembunyikan Scrool Bar, Klik Tools ð Option ð View ð Beri tanda centang pada Horizontal Scroll bar ataupun Vertical Scroll bar ð Klik OK
11. Office Assistant
Merupakan ikon untuk menampilkan menu batuan (help) dari suatu program aplikasi. Biasanya ditampilkan dalam bentuk gambar animasi yang menarik
Untuk mengubah tampilan Office Asistant, ikuti langkah-langkah berikut :
a. Posisikan pointer mouse pada gambar office asisten, lalu kili kanan 1x
b. Pada kotak percakapan office asisten, pilih dan klik tombol option
c. Muncul tampilan kotak dialog office asisten
d. Klik tab Gallery
e. Untuk memilih bentuk tampilan Office Assisant, klik tombol perintah Next atau back
f. Klik OK jika tampilan sudah sesuai dengan keinginan kita
12. Tampilan Pilihan Layar (Tombol View)
Digunakan untuk mengubah tampilan jendela dokumen dengan cepat (Normal, Web Layout, Print Layout, Outline, atau Reading).
13. Status Bar
Adalah baris informasi pada posisi paling bawah dokumen. Status bar ini memberikan informasi mengenai jumlah halaman, halaman yang aktif dan sebagainya
pengertian laptop adalah komputer bergerak (bisa dipindahkan dengan mudah)
yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg,
tergantung ukuran, bahan, dari spesifikasi laptop tersebut, laptop dapat
digunakan dalam lingkungan yang berbeda dari komputer. Mereka termasuk layar,
keyboard, dan trackpad atau trackball, yang berfungsi sebagai mouse . Karena
laptop dimaksudkan untuk digunakan di mana saja, Laptop memiliki baterai yang
memungkinkan untuk beroperasi tanpa terhubung ke stopkontak (sumber listrik).
Laptop juga termasuk adaptor daya yang memungkinkan untuk menggunakan daya dari
stopkontak dan mengisi kembali baterai.
Laptop secara signifikan lebih
lambat daripada komputer desktop. tetapi kemajuan teknologi manufaktur telah
memungkinkan laptop melakukan hampir sama dengan Komputer
PC desktop. Bahkan, laptop high-end
sering melakukan lebih baik daripada komputer desktop yang mempunyai spesifikasi
rendah. Kebanyakan laptop juga mencakup beberapa I / O port, seperti USB port,
yang memungkinkan keyboard standar dan mouse untuk digunakan dengan laptop.
Laptop modern sering termasuk adaptor jaringan nirkabel / wireless, yang
memungkinkan pengguna untuk mengakses Internet tanpa memerlukan kabel.
Sebuah komputer laptop, biasanya
disebut komputer notebook oleh produsen, terdiri dari baterai atau AC-powered
komputer pribadi umumnya lebih kecil daripada tas yang dapat dengan mudah
diangkut dan mudah digunakan di perpustakaan, kantor,atau pada pertemuan
tertentu. Sebuah laptop biasanya berat kurang dari £ 5 dan 3 inci atau kurang
tergantung ketebalannya. Di antara pembuat paling terkenal dari komputer laptop
adalah IBM, Apple, Compaq, Dell, dan Toshiba.
Laptop komputer umumnya lebih biaya
dari komputer desktop dengan kemampuan yang sama karena mereka lebih sulit
untuk merancang dan memproduksi. Sebuah laptop secara efektif dapat berubah
menjadi sebuah komputer desktop dengan docking station , bingkai hardware yang
memasok koneksi untuk input / output perangkat periferal seperti printer atau
monitor yang lebih besar. Port replikator memungkinkan Anda untuk menghubungkan
laptop ke sejumlah peripheral melalui colokan tunggal.
Laptop biasanya menggunakan
teknologi layar tipis.terdiri dari transistor atau layar matriks aktif lebih
cerah dan pandangan yang lebih baik pada sudut yang berbeda dari STN atau layar
dual-scan. Laptop menggunakan beberapa pendekatan yang berbeda untuk
mengintegrasikan mouse ke dalam keyboard, termasuk touch pad ,trackball , dan
pointing stick. Sebuah port serial juga memungkinkan mouse biasa bisa
terpasang.PC Card adalah perangkat keras insertable untuk menambahkan modem
atau network card ke laptop. CD-ROM dan digital hard disk serbaguna memungkin
built-in atau attachable.
Kesimpulan ;
Laptop adalah Komputer dengan ukuran
yang kecil serta menyatukan semua perangkat keras Komputer seperti ;
monitor,cpu,mouse,keyboard dan sumber daya listrik, sehingga bersifat portable
bisa dipindahkan, bergerak dengan mudah
Dan Sebagai tambahan referensi untuk menambah pengetahuan kita, komputer yang pertama kali dijual satu paket dengan mouse adalah komputer jenis Xerox Star yang luncur pada tahun 1981.
Meskipun pada saat ini perangkat keras mouse sudah banyak digantikan dengan touchpad yang mengambil alih semua fungsi dari perangkat mouse sudah bisa dilakukan oleh touchpad , namun tidak dapat dipungkira para pengguna komputer masih tetap memilih mouse sebagai penggerak dari kursornya.
Berikut Beberap Fungsi Mouse :
- Menginput perintah untuk komputer dimana cara kerja mouse adalah dengan cara mouse digeserkan pada permukaan data yang datar.
- Digunakan sebagai penggerak pointer untuk menentukan kursor ke layar monitor tertentu.
- Digunakan untuk beberapa kegiatan seperti: double klik (membuka file), klik tahan dan geser ,klik (memilih item), drag drop (memindahkan item) dan klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah.
- Digunakan untuk melakukan scrolling pada layar dengan menggunakan roda scroll yang ada pada mouse.
- Mendeteksi beberapa gerakan 2D secara relatif ke posisinya yang sekarang.
- Membuat pekerjaan kita menjadi lebih ringan,mudah dan cepat. khususnya untuk kita yang mempunyai aktifitas seperti mengedit foto dan lain lain.
- Digunakan untuk Memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja.
- Mengaktifkan tombol perintah dan melakukan suatu ekskusi tertentu pada aplikasi
- Digunakan Untuk melakukan perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse jika diklik 2x berfungsi sebagai tombol enter pada perintah eksekusi
- Mouse juga digunakan sebagai pengaturan & perbesaran tampilan sebuah objek
- Mouse juga digunakan untuk melakukan intruksi dan konversi ke sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh sistem komputer
on .
- Printer dot-matrix adalah jenis printer yang digunakan
kepala cetak berupa sekumpulan jarum. Kumpulan jarum ini memukul pita dan
menghasilkan cetakan pada kertas.
- Printer laser adalah jenis printer yang menggunakan
sinar laser untuk mengendalikan pencetakan. Cetakan dihasilkan oleh bubuk
toner.
- Printer ink-jet adalah jenis printer yang melakukan
cetakan dengan cara menyemprotkan titik-titik tinta yang bermuatan listrik
ke kertas.
Pada saat ini juga telah beredar
printer multifungsi yaitu printer yang mampu malkukan fungsi pencetakan,
fotokopi, scanner dan bahkan mesin faksimile.
Pengertian speaker
Secara umum pengertian speaker adalah perangkat elektronika yang terbuat
dari logam dan memiliki membran, kumparan, serta magnet sebagai bagian yang saling melengkapi. Tanpa adanya membran,
sebuah speaker tidak akan mengeluarkan bunyi, demikian juga sebaliknya. Fungsi
tiap bagian pada speaker saling terkait satu sama lain.
Fungsi speaker secara keseluruhan adalah mengubah gelombang listrik dari perangkat penguat audio menjadi gelombang suara atau getaran. Proses pengubahan gelombang elektromagnet menjadi gelombang bunyi tersebut dapat terjadi karena aliran listrik dari penguat audio dialirkan kedalam kumparan dan terkena pengaruh gaya magnet pada speaker, sesuai dengan kuat lemahnya arus listrik yang diterima, maka getaran yang dihasilkan pada membran akan mengikuti dan jadilah gelombang bunyi yang dapat kita dengarkan.
Fungsi speaker secara keseluruhan adalah mengubah gelombang listrik dari perangkat penguat audio menjadi gelombang suara atau getaran. Proses pengubahan gelombang elektromagnet menjadi gelombang bunyi tersebut dapat terjadi karena aliran listrik dari penguat audio dialirkan kedalam kumparan dan terkena pengaruh gaya magnet pada speaker, sesuai dengan kuat lemahnya arus listrik yang diterima, maka getaran yang dihasilkan pada membran akan mengikuti dan jadilah gelombang bunyi yang dapat kita dengarkan.
Pada
umumnya jenis speaker ada tiga macam berdasarkan tinggi rendah bunyi yang
dihasilkannya. Speaker dengan keluaran nada rendah biasa disebut woofer,
speaker yang menghasilkan bunyi vokal atau nada menengah disebut midrange,
sedangkan speaker dengan bunyi keluaran nada tinggi disebut twitter.
Dan
tentunya pemilik mobil perlu memiliki speaker berkualitas baik untuk mencapai
suara yang sempurna. Menemukan tepat jenis speaker tidak hanya memungkinkan
pemilik mobil menyimpan uang tetapi mereka juga akan memperbaiki sistem suara
mobil. Oleh karena itu penting bagi pemilik mobil untuk mengetahui
berbagai speaker
mobil tersedia. Jenis pertama dari speaker mobil yang
tersedia adalah multi-elemen coaxial atau speaker. Ini adalah speaker yang
paling banyak digunakan dan sudah terpasang selama produksi mobil. Desain
speaker koaksial termasuk tweeter dan woofer yang tergabung dalam unit speaker
yang sama. The woofer berbentuk kerucut memiliki kemampuan menghasilkan rentang
frekuensi yang rendah sedangkan tweeter mampu menghasilkan rentang frekuensi
yang sangat tinggi.
Selain
itu speaker coaxial biasanya digambarkan sebagai speaker dua arah tiga arah
pembicara dan sebagainya. Sangat mudah untuk mengetahui apakah pembicara adalah
cara dua atau empat cara. Dua arah speaker berisi satu tweeter dan woofer
sementara empat speaker cara memiliki satu woofer dan tiga tweeter. Tweeter
dalam pembicara adalah kebutuhan vital. Alasan untuk ini adalah bahwa sistem
mobil memutar musik compact disk pada frekuensi – Hz. Namun speaker yang tidak
memiliki tweeter hanya dapat mengambil suara pada frekuensi – Hz. Karena
kekurangan ini sistem akan mencoba untuk mereproduksi frekuensi hilang
mengakibatkan distorsi suara dan kualitas suara rendah.
Jenis
kedua speaker adalah komponen sistem speaker. Speaker ini terdiri dari woofer
mid-range crossover jaringan filter dan tweeter yang dipisahkan membentuk
pembicara utama. Sekali lagi dengan komponen speaker tweeter menghasilkan
frekuensi range tinggi sedangkan woofer menghasilkan frekuensi rendah. Speaker
komponen dirancang untuk menghasilkan rentang frekuensi tertentu. Untuk dapat
menghasilkan kualitas audio yang luar biasa speaker digunakan dengan pembicara
komponen lainnya. Speaker komponen memiliki apa yang dikenal sebagai rangkaian
filter frekuensi disebut sebagai crossover filter.
No comments:
Post a Comment